Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
|
1.1 Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan waktu dan panjang
|
3. Mengenal beberapa bangun ruang
|
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang
sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang
sejenis menurut besarnya
|
Kelas I, Semester 2
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
4. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
|
4.1 Membilang
banyak benda
4.2 Mengurutkan
banyak benda
4.3 Menentukan
nilai tempat puluhan dan satuan
4.4 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
4.5 Menggunakan
sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
4.6
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
bilangan dua angka
|
Geometri dan
Pengukuran
5. Menggunakan pengukuran berat
|
5.1 Membandingkan berat benda (ringan, berat)
5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berat benda
|
6. Mengenal bangun datar sederhana
|
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan
lingkaran
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya
|
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
|
1.1 Membandingkan bilangan sampai 500
1.2 Mengurutkan bilangan sampai 500
1.3 Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan,
dan satuan
1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan
berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan
jam
2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku
dan baku (cm, m) yang sering digunakan
2.3 Menggunakan alat ukur berat
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berat benda
|
Kelas II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
sampai dua angka
|
3.1 Melakukan perkalian bilangan yang
hasilnya bilangan dua angka
3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka
3.3 Melakukan operasi hitung campuran
|
Geometri dan
Pengukuran
4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
|
4.1 Mengelompokkan bangun datar
4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar
4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar
|
Kelas III, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan
pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan
masalah
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
|
Kelas III, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
3. Memahami pecahan sederhana dan penggu-naannya
dalam pemecahan masalah
|
3.1 Mengenal
pecahan sederhana
3.2 Membandingkan pecahan sederhana
3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
|
Geometri dan
Pengukuran
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
|
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar
sederhana menurut sifat atau unsurnya
4.2 Mengidentikasi berbagai jenis dan besar
sudut
|
5. Menghitung keliling, luas persegi dan
persegi panjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi
panjang
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi
panjang
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggu-nakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi
hitung
1.2 Mengurutkan bilangan
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
2. Memahami dan menggu-nakan faktor dan
keli-patan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan
kelipatan
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak
baku dan satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan kuantitas
|
4. Menggunakan konsep
keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang
dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
5.3 Melakukan operasi hitung campuran
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pecahan
|
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan
Romawi dan sebaliknya
|
Geometri dan
Pengukuran
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang
sederhana
8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun
datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun
datar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan
KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,
dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan
layang-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan luas bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan volume kubus dan balok
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Geometri dan
Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu
bilangan kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu
dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan debit
|
3. Menghitung
luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung
luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung
luas lingkaran
3.3 Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
Pengolahan Data
4. Mengumpulkan
dan mengolah data
|
4.1
Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah
dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.3 Menafsirkan
sajian data
|
Kelas VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu
bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
Geometri dan
Pengukuran
6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Kartesius
|
Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan
diagram gambar, batang dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam
pemecahan masalah
|
Aljabar
2. Memahami bentuk
aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
2.2 Melakukan
operasi pada bentuk aljabar
2.3 Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel
2.4 Menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
3. Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
3.2 Menyelesaikan
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
3.3 Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4 Menggunakan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan
dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami
pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep
himpunan bagian
4.3 Melakukan
operasi irisan, gabungan, kurang (difference),
dan komplemen pada himpunan
4.4 Menyajikan
himpunan dengan diagram Venn
4.5 Menggunakan
konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
Geometri
5. Memahami hubungan garis
dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan
ukurannya
|
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
5.2
Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis
berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
5.3 Melukis sudut
5.4 Membagi sudut
|
6. Memahami konsep segi empat
dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan
sudutnya
6.2
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang,
persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
6.3 Menghitung
keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah
6.4 Melukis
segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu
|
Kelas
VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1. Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
1.2 Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
1.3 Memahami relasi dan fungsi
1.4 Menentukan nilai fungsi
1.5 Membuat sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat
Cartesius
1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
|
2. Memahami sistem persa-maan
linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan
sistem persamaan linear dua variabel
2.2 Membuat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
2.3 Menyelesaikan matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan
penafsirannya
|
Geometri dan
Pengukuran
3. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema
Pythagoras
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
4. Menentukan unsur, bagian
lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentukan unsur dan
bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
4.3 Menggunakan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
4.5 Melukis
lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
|
5. Memahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2 Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
5.3 Menghitung
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
|
Kelas
IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri dan
Pengukuran
1. Memahami kesebangunan bangun
datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3 Menggunakan
konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
2. Memahami sifat-sifat tabung,
kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1
Mengidentifikasi unsur-unsur
tabung, kerucut dan bola
2.2 Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung,
kerucut dan bola
|
Statistika dan Peluang
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
3.2
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
4. Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah sederhana
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Melakukan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan
masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
6. Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentukan pola barisan
bilangan sederhana
6.2 Menentukan suku ke-n barisan
aritmatika dan barisan geometri
6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika
dan deret geometri
6.4 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
1.1 Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2 Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,
dan logaritma
|
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
|
2.1 Memahami
konsep fungsi
2.2 Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3 Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4 Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
2.5 Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat
2.6 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya
|
3.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan
pertidaksamaan satu variabel
|
3.1 Menyelesaikan
sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel
3.2 Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
3.5 Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel
3.6 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Logika
4.
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
|
4.1
Memahami pernyataan dalam
matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2
Menentukan nilai kebenaran dari
suatu per-nyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3
Merumuskan pernyataan yang setara
dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4
Menggunakan prinsip logika
matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
|
Trigonometri
5. Menggunakan perbandingan, fungsi,
persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
5.1
Melakukan manipulasi
aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri
5.2
Merancang model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan
dan identitas trigonometri
5.3
Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan
dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
|
Geometri
6. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar
sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
6.1
Menentukan kedudukan
titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2
Menentukan jarak dari
titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3
Menentukan besar
sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XI,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan
Peluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah
pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
|
1.1 Membaca
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung
ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta
penafsirannya
1.4 Menggunakan
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan
ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan
peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
Trigonometri
2. Menurunkan rumus trigonometri dan
penggunaannya
|
2.1 Menggunakan
rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda
untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu
2.2 Menurunkan
rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
2.3 Menggunakan
rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
|
Aljabar
3.
Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
|
3.1 Menyusun
persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
3.2 Menentukan
persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah
|
4.1
Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan
sisa pembagian
4.2
Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
|
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers
suatu fungsi
|
5.1
Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
5.2 Menentukan
invers suatu fungsi
|
Kalkulus
6.
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
|
6.1
Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga
6.2
Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi
aljabar dan trigonometri
6.3
Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
6.4
Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan
masalah
6.5 Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
6.6
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim
fungsi dan penafsirannya
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kalkulus
1.
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
|
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan
integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral
tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas
daerah di bawah kurva dan volum benda putar
|
Aljabar
2.
Menyelesaikan masalah program linear
|
2.1
Menyelesaikan sistem
pertidaksamaan linear dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah
program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
program linear dan penafsirannya
|
3.
Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks
untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks
persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers
matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar
vektor dalam pemecahan masalah
3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi
perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.
3.6 Menggunakan transformasi geometri yang
dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah
3.7 Menentukan komposisi dari beberapa
transformasi geometri beserta matriks transformasinya
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
4.
Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n
suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan
induksi matematika dalam pembuktian
4.3 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan deret
4.4 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
|
5.
Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Menggunakan
sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.2 Menggambar grafik fungsi eksponen dan
logaritma
5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen
atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma
sederhana
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan
Peluang
1.
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak,
dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan
penafsirannya
|
Kelas XI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
2.
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
|
2.1
Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
2.2 Menentukan
invers suatu fungsi
|
Kalkulus
3.
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
3.2 Menggunakan
sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
3.3 Menggunakan
sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
3.4 Menggunakan
turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan
masalah
3.5 Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
3.6 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
dan penafsirannya
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kalkulus
1.
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana
|
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan
integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral
tentu dari fungsi aljabar sederhana
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas
daerah di bawah kurva
|
Aljabar
2.
Menyelesaikan masalah program linear
|
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear
dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah
program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
program linear dan penafsirannya
|
3.
Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks
untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks
persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers
matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
4.
Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
|
4.1
Menentukan suku ke-n barisan dan
jumlah n suku deret aritmetika dan
geometri
4.2
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan
menafsirkan solusinya
|
Program Bahasa
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan Peluang
1.
Melakukan pengolahan, penyajian dan penafsiran data
|
1.1 Membaca
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
1.2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
1.3 Menghitung
ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data, serta
menafsirkannya
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan Peluang
2. Menggunakan kaidah pencacahan untuk
menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
2.1
Menggunakan sifat dan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam
pemecahan masalah
2.2
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
2.3 Menentukan
peluang suatu kejadian dan menafsirkannya
|
Program Bahasa
Kelas XII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1.
Menyelesaikan masalah program linear
|
1.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear
dua variabel
1.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
1.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan menafsirkan
solusinya.
|
2.
Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks
untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks
persegi lain
2.2 Menentukan determinan dan invers
matriks 2 x 2
2.3 Menggunakan determinan dan invers dalam
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
3 Menggunakan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
|
3.1
Menentukan suku ke-n barisan dan
jumlah n suku deret aritmetika dan
geometri
3.2 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret
dan menafsirkan solusinya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar